Kasihan, Bocah Yatim Piatu Ini Idap Empat Jenis Kanker dan Tumor

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 09:05 WIB
Bocha Riqi penderita kanker dan tumor (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)

Menurut Siti, diketahuinya penyakit Riqi yang mengidap tumor saat dirujuk ke rumah sakit di Banyuwangi. Dari hasil diagnosa Riqi diketahui mengidap 4 penyakit kanker dan tumor.

"Tahunya setelah didiagnosa tumor dari rumah sakit Banyuwangi. Karena hasil dari diagnosa dari Banyuwangi itu kan ada 4 kanker otot, tumor yang ada di matanya ini, ada hydrocephalus juga ada radang otak yang itu bisa dikatakan kanker otak juga," bebernya.

Karena keterbatasan alat dan dokter, lanjut Siti, pihak RS Banyuwangi langsung merujuk Riqi ke RSU dr Soetomo. Tapi meski sudah dirujuk, Riqi juga belum bisa dilakukan tindakan. Tapi hanya sebatas pemeriksaan. Hal itu dikarenakan pihak RSU dr Soetomo juga baru kali ini mendapatkan temuan penyakit seperti itu.


"Cuma pihak RS langsung dirujuk ke Surabaya ini RSU dr Soetomo. Setelah itu dari sini juga belum pernah ada temuan seperti ini, pihak dari dr Soetomo sendiri ndak bisa langsung ngasih tindakan jadi harus masih dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan," jelasnya.

Riqi sendiri sebenarnya sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan dan pengobatan di RSU dr Soetomo. Selama pemeriksaan biasanya yang mendampingi adalah pengasuhnya Sumiyah dan suaminya atau Siti sendiri.

"Sebenarnya sudah beberapa kali. Tapi untuk yang kali ini Bu Sumiyah tidak bisa. Jadi hanya saya sama kader puskesma. Ini di Surabaya sudah 3 hari ini dan menginap di Yasasan Rumah Kita. Nanti malam kita sudah pulang ke Banyuwangi," tandas Siti.
(fat/fat)