Kasihan, Bocah Yatim Piatu Ini Idap Empat Jenis Kanker dan Tumor

Amir Baihaqi - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 09:05 WIB
Bocha Riqi penderita kanker dan tumor (Foto: Amir Baihaqi/detikcom)
Surabaya - Tingkah laku Muhammad Riqi bocah (9) asal Banyuwangi sekilas seperti anak-anak lainnya yang lincah dan ceria. Meski begitu, secara fisik, bocah yatim piatu itu diketahui mengidap tumor dan kanker di sekitar wajahnya.

Kepala Dusun Srampon, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Siti Layinah sekaligus yang mendampingi Riqi selama berobat mengatakan saat ini Riqi hidup sebatangkara karena kedua orangtuanya sudah meninggal. Meski begitu, Riqi kini diasuh pasangan suami istri (Pasutri) Slamet Mariono dan Sumiyah yang merupakan warga Dusun Srampon.

"Mulanya Riqi itu diasuhkan ke warga saya seorang nenek namanya Mbah Yuhani. Nah, sekarang Mbah Yuhani ini sudah meninggal. Yang merawat sekarang Bu Sumiyah istri Pak Slamet Mariyono yang anak dari Mbah Yuhani," kata Siti saat ditemui detikcom di Yayasan Rumah Kita di Jalan Karang Menjangan, Surabaya, Jumat (21/11/2019).


Sedangkan untuk penyakitnya, terang Siti, sudah ada tanda-tanda sejak lahir. Namun saat itu pengasuhnya Mbah Yuhani tidak mau memeriksakan karena keterbatasan biaya. Dan penyakit Riqi baru saja terdeteksi.

"Kalau tumornya itu masih barusan. Dulu kalau sejak lahir memang seperti itu ada kelainan (secara fisiknya) wajahnya seperti itu. Cuma dari Mbah Yuhani ndak mau kalau Riqi ini mau diobati. Mungkin karena mbah ini nggak ada biayanya untuk berobat. Tapi waktu itu sudah ditangani oleh pemerintah desa, oleh puskemas segala macam. Tapi waktu itu mengobatinya nyuri-nyuri waktu karena Mbah Yuhani bilang nggak mau diobati," terang Siti.

"Jadi, sebatas itu tahunya. Belum ada diagnosis tumor. Terus dapat 3 bulan kemarin itu Mbah Yuhani meninggal, baru saya bisa membawa Riqi ini berobat secara lanjut dan secara benar-benar," tambah Siti.