BPCB Ekskavasi Bangunan di Nganjuk yang Diduga Peninggalan Pra-Majapahit

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 11:01 WIB
Bangunan yang diduga peninggalan pra-Majapahit di Nganjuk (Sugeng Harianto/detikcom)
Bangunan yang diduga peninggalan pra-Majapahit di Nganjuk (Sugeng Harianto/detikcom)
Nganjuk - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim melakukan ekskavasi sebuah bangunan kuno di Nganjuk. Tumpukan batu bata itu diduga peninggalan pra-Majapahit.

Bangunan itu ditemukan di lahan milik Rudi (40), warga Dusun Sumbergayu, Desa/Kecamatan Ngronggot, Nganjuk. "Kami dari BPCB Jawa Timur sedang melaksanakan kegiatan ekskavasi penyelamatan temuan struktur batu bata," terang arkeolog BPCB Jatim yang juga Ketua Tim Ekskavasi Wicaksono Dwi Nugroho saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (21/11/2019).


Ekskavasi itu, kata Wicaksono, untuk menindaklanjuti hasil peninjauan temuan bangunan yang diduga peninggalan masa pra-Kerajaan Majapahit itu. Peninjauan itu dilakukan pada 7 Oktober lalu. Penggalian oleh tim yang berjumlah 11 orang berlangsung mulai Rabu (20/11) dan akan berakhir Jumat (22/11).

"Untuk penggalian sudah mulai Rabu kemarin. Untuk hari pertama ekskavasi kemarin kita berhasil menampakkan sebuah struktur bata yang membentang arah barat daya-timur laut sepanjang 23 meter," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2