Terduga Teroris yang Ditangkap di Pasuruan Dibawa ke Mabes Polri

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 19:01 WIB
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Densus 88 Antiteror menangkap seorang terduga teroris di Pasuruan. Pria berinisial ADM yang diduga jaringan bom Medan itu sudah dibawa ke Mabes Polri.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, istri ADM, DM sempat diperiksa. Namun kini sudah dipulangkan karena tak terbukti terlibat.

"ADM ditangkap sendiri pada saat kemarin sampai dengan malam hari. Istri yang bersangkutan kita kembalikan. Kita periksa istrinya di Polres Pasuruan sedangkan ADM sendiri dibawa oleh Tim Detasemen Khusus 88 Mabes Polri," kata Barung di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (19/11/2019).


Saat disinggung terkait jaringan yang diikuti ADM, Barung enggan memaparkan. Karena menurutnya itu merupakan ranah Densus 88 Antiteror.

"Ini menyangkut tentang jaringan ADM, jaringan-jaringan atau jaringan yang lainnya ini wilayah lingkup dari Detasemen Khusus 88 Mabes Polri. Polda Jawa Timur hanya membenarkan saja bahwa ada 1 orang warga Jawa Timur berada di Pasuruan Kabupaten, Bangil," imbuh Barung.


Selain itu, pihaknya telah membawa beberapa barang bukti. Seperti kendaraan yang digunakan ADM hingga uang tunai. Barung juga menambahkan, penangkapan ADM karena dikhawatirkan yang bersangkutan melakukan aksi teror di Jatim.

"Ini terkait dengan jaringan teror atau diperkirakan potensial menjadi tersangka potensial. Menjadi salah satu tersangka teror terorisme yang berada di wilayah Polda Jawa Timur," pungkas Barung. (sun/bdh)