Kebakaran di Gunung Lawu Lalap 15 Hektare Lahan, Ratusan Pinus Mati

Sugeng Harianto - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 16:05 WIB
Kebakaran Gunung Lawu/Foto: Istimewa
Kebakaran Gunung Lawu/Foto: Istimewa
Magetan - Perhutani Kawasan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu mencatat, luas kebakaran hutan yang terjadi beberapa hari lalu mencapai 15 hektare. Tiga hektare di antaranya merupakan hutan produksi pinus.

"Untuk kerugian kita belum bisa sampaikan karena masih fokus penyisiran bekas bara api pada tunggak kayu yang berasap. Namun dapat kita sampaikan bahwa total luasan wilayah yang terbakar 15 hektare," ujar Kepala ADM KPH Lawu, Asep Dedi Mulyadi saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (19/11/2019).

Menurut Asep, titik kebakaran di Gunung Lawu terpencar-pencar. Dari 15 hektare total lahan yang terbakar, tiga hektare di antaranya hutan pinus.


"Kebakaran itu tidak habis semua karena pengaruh angin jadi meloncat seperti sporadis lokasi yang terbakar. Jadi masih banyak yang diselamatkan. Untuk total kebakaran 15 hektare dan 3 hektare di antaranya hutan produksi pinus," imbuhnya.

Dalam setiap hektare lahan pinus yang terbakar diperkirakan terdapat sekitar 700 pohon. Di mana 15 persen di antaranya mati karena dilalap si jago merah. Atau sekitar 300 pohon yang harus diganti dengan pohon baru.

"Untuk pohon pinus, kalau pengamat saya yang mati total sekitar 15 persen atau sekitar 300 pohon berlokasi di yang pertama kebakaran. Sisanya biasanya tumbuh lagi dan menghijau. Yang daerah pinggir awal terjadi kebakaran memang kemungkinan mati," paparnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2