Solar Sempat Langka di SPBU Wilayah Jatim, Pertamina Pastikan Aman

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 18:06 WIB
Foto file: Enggran Eko Budianto
Surabaya - Langkanya BBM solar membuat antrean panjang terjadi di SPBU-SPBU hampir di seluruh Jawa Timur. Pertamina memastikan telah menambah 20 persen suplai solar.

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji mengatakan pihaknya memastikan ketersediaan solar subsidi baik di terminal BBM maupun di SPBU mencukupi untuk kebutuhan konsumen.

"Untuk menjaga kehandalan distribusi ke masyarakat, Pertamina juga telah menambah sekitar 20% suplai solar untuk memastikan pemerataan penyaluran dan melakukan percepatan distribusi untuk pelayanan ke masyarakat yang lebih optimal. Pertamina juga memastikan bahwa stok BBM, yang tersimpan di fasilitas Pertamina dalam kondisi aman," kata Rustam Aji saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (17/11/2019).

Rustam menambahkan dalam pengawasan langsung di lapangan, pihaknya telah menurunkan Tim Satuan Tugas (Satgas) untuk memonitoring langsung di lapangan. Bila ada hal yang harus diprioritaskan untuk pengiriman atau penambahan pasokan, bisa langsung ditindaklanjuti.


"Berdasarkan hasil pantauan tim sejak Sabtu (16/11) sore kemarin, antrean di berbagai SPBU, termasuk di jalur pantura mulai terurai. Demikian juga kondisi hari ini, kondisi di berbagai SPBU sudah kembali normal," lanjutnya.

Dengan penambahan suplai solar bersubsidi, Rustam mengimbau kepada masyarakat agar tidak kembali panik. Apalagi sampai termakan hoax tentang broadcast kenaikan harga BBM akhir-akhir ini.

"Pertamina berkomitmen untuk tetap menyalurkan BBM, termasuk BBM Bersubsidi. Jika masyarakat memiliki keluhan mengenai ketersediaan BBM dan elpiji dapat menghubungi Pertamina melalui Call Center 135," ujarnya.

Sedangkan untuk kelompok industri, Pertamina juga memiliki lembaga penyalur BBM industri. Konsumen BBM industri Pertamina antara lain adalah PT. PLN (Persero), TNI/POLRI, Industri Pertambangan, Industri Besi Baja, Industri Kertas, Industri Makanan, Industri Semen, Industri Pupuk, Kontraktor kontrak kerjasama, dan industri lainnya.


"Kelebihan utama BBM Pertamina adalah adanya jaminan ketersediaan dan supply BBM. Selain itu, mutu produk BBM dan kualitas serta kuantitas layanan yang terjamin serta memenuhi standard Internasional," tandasnya.

Sementara data yang diterima detikcom, Pertamina telah menyalurkan suplai solar di wilayah Surabaya, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Gresik dan Sidoarjo. (fat/fat)