Kebakaran Hutan Gunung Lawu Tak Berdampak ke Obyek Wisata di Magetan

Kebakaran Hutan Gunung Lawu Tak Berdampak ke Obyek Wisata di Magetan

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 17 Nov 2019 15:35 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Kebakaraan hutan Pinus di sisi timur Gunung Lawu tidak berdampak pada lokasi wisata. Beberapa obyek wisata seperti Telaga Sarangan tetap dibuka untuk umum.

"Sampai dengan saat ini tidak ada dampak kebakaran untuk obyek wisata. Telaga Sarangan juga buka. Tadi saya juga habis acara di "musik regaee di obyek wisata atas awan Cemoro Sewu dan mancing mania di Telaga Wahyu semua tetap seperti biasa," ujar Bupati Magetan Suprawoto, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (17/11/2019).

Tidak berdampaknya pada obyek wisata, kata Suprawoto, karena lokasi kebakaran hutan pinus berada di sisi sebelah timur. Sedangkan kebanyakan obyek wisata ada di sisi barat dan selatan. Sehingga, lanjut Kang Woto sapaan akrab Bupati Magetan, masyarakat luar kota tidak perlu khawatir untuk berwisata ke Gunung Lawu, utamanya Magetan.


"Karena lokasi kebakaran sebelah sisi timur dan kebanyakan lokasi wisata di sisi barat dan selatan," katanya.

Kang Woto mengatakan, saat ini Pemkab Magetan melalui BPBD telah berkoordinasi dengan perhutani untuk melakukan upaya pemadaman. Pemadaman dilakukan secara manual dengan gepyok ranting berdaun basah.

"Dengan perhutani kita sudah komunikasi sejak kebakaran awal dan sudah berupaya untuk pemadaman. Menurut ADM Perhutani saat ini infonya tinggal satu titik di bawah, daerah Bedagung. Mudah-mudahan bisa dipadamkan oleh tim dan tidak terhembus angin," paparnya.

Data yang dihimpun detikcom kebakaraan hutan produksi pinus saat ini seluas tiga hektar. Selain itu kebakaran juga melalap hutan lindung. Kebakaran ini juga mengakibatkan sekitar 2.100 penampungan getah pinus rusak. (fat/fat)