Ribuan Orang Napak Tilas Kediri-Bajulan Teladani Jenderal Soedirman

Andhika Dwi - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 16:10 WIB
Ribuan Orang Napak Tilas Teladani Jenderal Sudirman (Foto: Istimewa)
Kediri - Napak tilas perjuangan Jenderal Soedirman, Kediri-Bajulan Nganjuk kembali digelar. Napak tilas yang digelar Pemkot Kediri ini sebagai wujud penghargaan dan mengorbankan rasa nasionalisme.

Napak tilas ini diberangkatkan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora), Nur Muhyar. Sekitar 2.000 peserta dari warga, pelajar, mahasiswa, PNS, TNI dan Polri mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jendral Soedirman.

"Dengan napak tilas semoga muncul jiwa nasionalisme dari anak-anak muda ini, apalagi saat ini eranya gadget. Kegiatan seperti ini sangat memotivasi para penerus bangsa," ujar Nur Muhyar usai memberangkatkan peserta di Taman Makam Pahlawan Kota Kediri. Sabtu (16/11/2019).

Napak tilas perjuangan ini juga memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Nur Muhyar menambahkan rute yang dilewati peserta adalah rute yang dilewati Jendral Soedirman saat berjuang di masa lalu.

"Dan ada satu rumah yang disinggahi Jendral Soedirman untuk membuat strategi bertemu pahlawan PETA. Sehingga ini perlu diketahui dan diteruskan oleh generasi muda," terangnya.


Napak tilas ini sudah menjadi agenda rutin Kota Kediri, namun generasi muda diharapkan tetap memegang teguh dan mampu mencontoh jiwa nasionalisme para pahlawan yang telah gugur.

Selain itu peserta diimbau agar tidak merokok dan membuang puntung rokok atau api di sembarang tempat. Sebab, bisa menyebabkan kebakaran hutan, sekaligus membawa persediaan air yang cukup.

"Kami juga mengimbau peserta tidak merokok dan membuang puntungnya sembarangan. Kalau merokok harus sangat hati-hati karena dapat menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran," pungkasnya.

Kegiatan ini memperebutkan uang pembinaan total sebesar Rp 15 juta dan aneka door prize.


Simak juga video "Tahu Khas Jalan Trunojoyo Kediri" :

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)