Hutan Gunung Lawu Terbakar, Jalur Pendakian Melalui Cemoro Sewu Ditutup

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 16 Nov 2019 13:25 WIB
Jalur pendakian melalui Magetan ditutup (Foto: Sugeng Harianto/detikcom)
Magetan - Kebakaran Gunung Lawu di sisi timur membuat Perhutani KPH Lawu dan BPBD Magetan melakukan pencegahan dini. Jalur pendakian yang melalui Cemoro Sewu ditutup untuk sementara waktu.

"Untuk jalur pendakian Cemoro Sewu sebenarnya aman, tapi untuk antisipasi yang tidak diinginkan, jalur di tutup untuk sementara. Ini hanya menunggu yang sudah mendaki untuk turun," terang Kepala Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sarangan Kholil, saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (16/11/2019).

Pengumuman ditutupnya jalur pendakian gunung Lawu via Cemoro Sewu itu, kata Kholil, sudah dipasang sejak Jumat (15/11/) malam. Saat ini daftar pendakian yang tercatat masih ada 32 orang dan dijadwalkan sudah turun hari ini.


"Tadi malam sudah kita pasang pengumuman untuk ditutup. Yang masih di atas, naik kemarin 32 orang. Jadwal hari ini sudah turun," katanya.

Kholil mengungkapkan, penutupan jalur pendakian meskipun aman dari asap kebakaran, namun untuk antisipasi agar tragedi Kebakaraan tahun 2015 tidak terulang kembali. Saat itu 5 pendaki dilaporkan tewas.

"Tapi memang untuk antisipasi (Jalur pendakian ditutup) agar tragedi Kebakaraan tahun 2015 tidak terulang," paparnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2