Solar Langka di Surabaya, Ini Kata Pertamina

Solar Langka di Surabaya, Ini Kata Pertamina

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 15 Nov 2019 15:52 WIB
Antrean truk hingga lebih dari satu kilometer/Foto: Deny Prastyo Utomo
Antrean truk hingga lebih dari satu kilometer/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Antrean truk yang akan mengisi solar di SPBU Margomulyo, Surabaya mengular hingga lebih dari satu kilometer. Menanggapi hal itu, pihak Pertamina menyampaikan soal kuota solar di Jatim.

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji mengatakan, stok bahan bakar minyak di terminal BBM, kilang dan tanker dalam jumlah yang aman. Sehingga Pertamina masih bisa menyalurkannya.

"Kalau stok itu tersimpan di sarfas Pertamina (Terminal BBM, kilang, tanker) ini dalam jumlah yang aman. Sehingga Pertamina masih bisa menyalurkan," jelas Rustam saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (15/11/2019).


"Sedangkan alokasi, itu volume yang boleh disalurkan sesuai yang ditetapkan pemerintah. Alokasi BBM yang ditetapkan pemerintah telah mempertimbangkan jumlah pengguna yang menjadi sasaran subsidi dalam APBN," imbuhnya.

Rustam menjelaskan, kuota atau alokasi solar bersubsidi untuk 2019 di Jawa Timur sebanyak 2.092.000 kiloliter. Seharusnya, alokasi hingga bulan Oktober 2019 mencapai 1.742.400 kiloliter. Namun realisasi penyaluran telah mencapai 1.917.800 kiloliter. Jika dirinci, per bulan mencapai 215 ribu kiloliter.

"Kalau nanti November-Desember disalurkan 200 ribu kilo liter sama, kemungkinan sampai akhir tahun akan melebihi," ujar Rustam.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3