detikNews
Minggu 10 November 2019, 11:18 WIB

Ini Kerusakan yang Ditimbulkan Angin Kencang di Bojonegoro

Ainur Rofiq - detikNews
Ini Kerusakan yang Ditimbulkan Angin Kencang di Bojonegoro Salah satu rumah warga yang atapnya tersapu angin kencang (Foto: Ainur Rofiq)
Bojonegoro - BPBD Bojonegoro terus mendata kerusakan akibat angin kencang yang terjadi pada Sabtu (10/11). Belum ada data yang fixed karena data terus dikumpulkan.

Menurut data sementara BPBD Bojonegoro, pohon tumbang terjadi di beberapa Jalan Protokol di Kabupaten Bojonegoro antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro, Jalan veteran, dan Jalan Rajekwesi.

Dari beberapa titik pohon tumbang, petugas BPBD sudah melakukan evakuasi, antara lain di titik Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Diponegoro dan Jalan veteran. BPBD menerjunkan seluruh personel TRC dan Dalops untuk melakukan penanganan pohon tumbang.


"Beberapa fasilitas umum seperti PLN dan bangunan lainnya yang tertimpa pohon juga mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang disertai hujan," ujar kepala BPBD Bojonegoro Umar Ghoni, Minggu (10/11/2019).

Umar mengatakan laporan akan diperbarui menunggu data terkumpul dan laporan untuk akurasi data kejadin bencana. Data sementara terdapat kurang lebih 10 pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani, Gajah Mada, Veteran, Diponegoro, dan Rajekwesi. Dengan rincian 4 pohon di Jalan Ahmad Yani, 2 pohon di Jalan Gajah Mada, dan masing-masing 1 pohon di Jalan veteran, Diponegoro dan Basuki Rahmat.

Dilaporkan pula bahwa terjadi hujan es di Kelurahan Ledokkulon dan Kelurahan Banjarjo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Beberapa fasilitas pendidikan dan fasilitas milik pemerintah juga mengalami kerusakan akibat terjangan angin kencang. Sedangkan untuk kejadian lain seperti rumah roboh masih dalam pendataan.


Pantauan detikcom di lapangan, kerusakan paling parah terjadi di Kompleks Kampus Unugiri, parkiran Rusunawa NU, Kantor Damkar milik Pemkab Bojonegoro, fasilitas RSUD Sosodoro Jatikusumo, warung apung, KDS supermarket, Gofun, dan lokasi tenda kegiatan Festival Bengawan di Desa Pilanggede, Balen.

Sedangkan untuk pemukiman warga, banyak kerusakan rumah terjadi di Desa Sambiroto, Kalianyar, Kecamatan Kapas, Desa Kedungbondo, Desa Lengkong, Prambatan kecamatan Balen, Kayu Lemah, dan Sumberejo.





Simak juga video Atap Stadion Bola di SOR Arcamanik Porak-poranda Diterjang Angin:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com