detikNews
2019/11/10 08:41:32 WIB

Siswa SMP yang Sodomi 2 Bocah SD di Mojokerto Dapat Perlakuan Khusus

Enggran Eko Budianto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Siswa SMP yang Sodomi 2 Bocah SD di Mojokerto Dapat Perlakuan Khusus Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Siswa SMP pelaku sodomi 2 bocah SD di Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto mendapat perlakuan khusus. Selain tidak ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka, remaja 12 tahun ini juga telah diperiksa oleh Balai Pemasyarakatan (Bapas) Surabaya.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Dewa Putu Prima Yogantara mengatakan pihaknya tidak menahan pelaku karena sudah ada jaminan dari kedua orang tuanya. Menurut dia, orang tua pelaku menjamin siswa kelas VII SMP itu tidak akan kabur maupun mengulangi perbuatannya.

"Karena ini anak-anak, kami tidak terlalu keras. Dia juga masih sekolah," kata Dewa saat dihubungi detikcom, Minggu (10/11/2019).

Selain itu, pihaknya juga telah mendatangkan petugas dari Bapas Surabaya untuk mendampingi pelaku, Rabu (6/11). Hasil pendampingan ini nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan hakim untuk menghukum pelaku.


Di samping itu, hasil pendampingan juga akan menentukan bentuk terapi pembinaan yang tepat bagi pelaku. Sehingga saat bebas nanti, pelaku bisa hidup normal dan berperilaku baik.

"Untuk kasus anak wajib kami periksakan ke Bapas dulu. Kami undang petugas Bapas untuk memeriksa semua. Kronologi semua, kok bisa terjadi. Itu memang ranahnya mereka," terang Dewa.

Pelaku juga akan mendapatkan perlakuan khusus pada proses persidangan nanti. Yaitu persidangan perkara sodomi akan digelar tertutup.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com