Perahu Baja di Bengawan Solo Disebut Armada Militer Zaman Perang Dunia

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 17:42 WIB
Perahu baja di Bengawan Solo (Eko Sudjarwo/detikcom)
Perahu baja di Bengawan Solo (Eko Sudjarwo/detikcom)
Lamongan - Perahu baja yang diangkat dari dasar Sungai Bengawan Solo merupakan perahu multifungsi. Perahu-perahu tersebut diperkirakan sebagai armada militer zaman Perang Dunia.

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan hasil ekskavasi menunjukkan bahwa tiga perahu baja tersebut berhubungan atau terhubung satu sama lain.

Menurutnya, perahu itu menggunakan mesin untuk menarik gerbong perahu. "Dia (perahu baja) ini pakai mesin, ditarik pakai mesin untuk menarik semua loko perahu lainnya," terang Wicaksono kepada wartawan, Rabu (6/11/2019).


Warga antusias melihat proses pengangkatan perahu baja/Warga antusias melihat proses pengangkatan perahu baja. (Eko Sudjarwo/detikcom)

Ia menambahkan, dari ekskavasi yang dilakukan selama 5 hari juga diketahui bahwa perahu baja itu merupakan perahu militer, yakni dari zaman Perang Dunia I hingga Perang Dunia II yang multifungsi.

"Ini adalah perahu multifungsi. Perahu ini bisa untuk mengangkut serdadu, perahu ini juga memiliki fungsi mengangkut logistik dan bisa juga untuk alat penyeberangan," paparnya.

Sementara itu, Kepala BPCB Jatim Andi Muhammad Said mengatakan perahu yang telah berhasil diangkat ke permukaan memiliki ukuran 7,2 meter. Perahu itu bisa dipisahkan menjadi 2 bagian dengan ukuran 3,6 meter.
Selanjutnya
Halaman
1 2