Sejumlah Pihak Gotong Royong Ekskavasi Perahu Baja di Bengawan Solo

Eko Sudjarwo - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 10:36 WIB
Ekskavasi perahu baja di Bengawan Solo/Foto: Eko Sudjarwo
Ekskavasi perahu baja di Bengawan Solo/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Selain BPCB Jatim, Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud serta dinas terkait di Lamongan juga turut serta melakukan ekskavasi perahu baja. Kemudian tampak juga petugas dari Balai Konservasi Borobudur.

Lembaga konservasi yang berkantor di Candi Borobudur ini terjun langsung untuk ikut serta dalam proses ekskavasi dan pengangkatan perahu baja dari dasar Sungai Bengawan Solo. Keikutsertaan Balai Konservasi Borobudur yakni untuk memastikan usia perahu baja tersebut.


"Ya, konservator dari Balai Konservasi Borobudur (BKB) memang ikut dalam proses ekskavasi ini," kata arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho pada wartawan di sela-sela proses ekskavasi, Selasa (5/11).

Selain ikut serta dalam proses ekskavasi, lanjut Wicaksono, konservator dari BKB itu juga akan memberikan pelatihan pada dinas terkait. Khususnya Disparbud Lamongan. Pelatihan ini, imbuh Wicaksono, dilakukan agar pegawai di Disparbud Lamongan paham dan mengerti dalam merawat benda cagar budaya. Terutama perahu baja yang akan diangkat ke permukaan ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2