detikNews
2019/11/03 23:05:39 WIB

PSSI Jatim Cerita soal GBT yang Ikut dalam Bidding Piala Dunia U-20 2021

Amir Baihaqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
PSSI Jatim Cerita soal GBT yang Ikut dalam Bidding Piala Dunia U-20 2021 Stadion Gelora Bung Tomo/Foto: Istimewa
Surabaya - Asprov PSSI Jatim berharap polemik soal Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tidak berlarut-larut. Sehingga semua pihak bisa berkonsentrasi mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia U-20 2021.

Sekretaris Asprov PSSI Jatim Amir Burhanuddin menceritakan, awalnya PSSI menyampaikan niat kepada pemerintah pusat untuk mengikuti proses bidding penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Ada 10 kota yang diajukan dan salah satunya Surabaya.

"Sejak awal, PSSI sebenarnya sudah paham bahwa lapangan di GBT secara teknis memenuhi syarat. Tapi untuk tribunnya memang belum single seat. Saat itu, awal-awal submit ke FIFA, saya diberi tugas oleh PSSI untuk segera berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya," ujar Amir kepada media, Minggu (3/11/2019).


Tim Asprov PSSI Jatim lalu bertemu dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini pada 26 Agustus 2019. "Dan Alhamdulillah Bu Risma langsung menyetujuinya. Beliau menulis surat kesiapan akan ada pembangunan dan perbaikan GBT serta sarana latihan lainnya untuk menyambut Piala Dunia U-20," terang Amir.

Lalu dokumen itu dibawa untuk melengkapi penawaran PSSI ke FIFA. "Kami melihat, kalau di Jawa Timur yang paling mungkin memang GBT," ujar Amir.

Menjelang pengumuman oleh FIFA dalam Council Meeting di Tiongkok pada 24 Oktober 2019, lanjut Amir, PSSI kembali bertemu dengan Risma pada 10 Oktober 2019. PSSI dipimpin langsung oleh Sekjen PSSI Ratu Tisha.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com