Lebihi Tonase dan Ugal-ugalan, Dump Truk di Gresik Dirazia

Lebihi Tonase dan Ugal-ugalan, Dump Truk di Gresik Dirazia

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 19:17 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa
Gresik - Polisi melakukan razia di Jalan Raya Sidobangun, Kecamatan Dukun, Gresik. Sasarannya adalah dump truk yang memang dilarang lewat di jalan kelas III tersebut.

Hasilnya, 4 dump truk terjaring razia. Tilang kepada pengemudi pun langsung dilakukan. Selain polisi, razia ini melibatkan Dinas Perhubungan (Dishub), serta kepala desa, dan Camat Dukun.

"Kami langsung tilang untuk dump truk yang terjaring razia," ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra kepada wartawan, Jumat (1/11/2019).

Erika mengatakan pihaknya memang sengaja mengajak pemangku kepentingan lain dalam razia ini. Selain untuk melihat fakta sebenarnya, kegiatan ini juga untuk mencari solusi terhadap pelanggran yang kerap terjadi. Dump truk yang lewat memang melebihi tonase.


"Kami duduk bersama, merumuskan masalah, dan mencari solusi," kata Erika.

Dishub Gresik mengaku juga cukup sering melakukan razia dump truk. Namun pada kenyatannya masih banyak sopir dump truk bandel yang tetap melewati jalan yang dump truk dilarang melewati.

"Ternyata memang masih ada saja dump truk yang lewat jalan ini. Kami dapat empat dump truk yang mengangkut galian C. Yang kena razia pun buku uji KIR-nya sudah kedaluwarsa," kata Kabid Angkutan Dishub Gresik Rony Soebiyantoro.

Salah satu pengemudi dump truk Yasir Alfariqi (39) mengaku salah telah melewati jalan yang seharusnya tak boleh ia lewati. Pria asal Ngoro, Mojokerto ini mengaku pasrah saat ditilang.


"Saya lagi telepon juragan, SIM saya dibawa," kata Yasir.

M Munif, sopir dump truk yang lain mengatakan ia lewat jalan ini karena menuruti perintah pimpinannya. Jadilah ia kena tilang. Terlebih, uji KIR truknya juga sudah kedaluwarsa.

"Buku KIR nya udah mati 14 tahun lalu. Saya hanya disuruh juragan lewat sini, tapi malah kena tilang," sesal Munif.

Razia ini sendiri akan rutin digelar. Dump truk yang melewati jalan ini sangat membahayakan. Buktinya adalah tewasnya pasutri saat rumah dan warungnya diseruduk dump truk di Jalan Raya Desa Tebuwung Dukun, Gresik.

[Gambas:Video 20detik]


Simak juga video "Hindari Razia, Pemotor Ini Lawan Arus hingga Terjepit TransJakarta" :


(iwd/fat)