detikNews
Jumat 01 November 2019, 16:40 WIB

Terlilit Utang Rentenir Paksa Waria Ini Gelapkan Motor Rental

Charoline Pebrianti - detikNews
Terlilit Utang Rentenir Paksa Waria Ini Gelapkan Motor Rental SS alias Barbie yang gelapkan motor orang lain (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Seorang waria berinisial SS atau biasa dipanggil Barbie nekat menggelapkan sebuah sepeda motor Vario bernopol AE 4332 WN dengan alasan untuk membayar hutang dari rentenir. Korban dirugikan sebesar Rp 17 juta.

Warga Kebonsari, Madiun tersebut mengelabui pemilik jasa rental motor di Kelurahan Purbosuman, Kecamatan Ponorogo dengan mengaku sebagai salah satu mahasiswi Akbid di Ponorogo. Bahkan pelaku juga mengenakan seragam salah satu kampus kesehatan tersebut. Karena percaya, korban lantas menyewakan sepeda motor miliknya untuk dibawa pelaku.

"Kejadiannya sekitar bulan Maret 2019 lalu, pelaku menyewa motor korban selama 3 hari tapi tidak pernah dikembalikan hingga sekarang," tutur Kapolsek Kota Ponorogo AKP Haryo Kusbintoro saat ditemui di kantornya, Jalan Ir. H. Juanda, Jumat (1/11/2019).

Karena curiga, korban lapor ke Polsek Kota untuk mengungkap kasus ini. Setelah dilakukan pencarian, pelaku berada di salah satu hotel di Kota Madiun. Akhirnya Jumat (1/11) dini hari, pelaku diamankan.


"Kami tracking lewat handphone pelaku, saat itu pelaku sedang bersama pacar atau kliennya," terang dia.

Dalam kesehariannya, Barbie memang diakui bekerja sebagai waria. Bahkan saat ditangkap pun dia mengenakan pakaian layaknya perempuan lengkap dengan make up. Tingkahnya yang luwes, memang tidak memperlihatkan jika dia seorang laki-laki. Padahal dari data di e-KTP, pelaku merupakan seorang laki-laki.

"Dia menjual sepeda motor tersebut ke warga Madiun dengan harga Rp 4 juta, uangnya sudah habis untuk biaya sehari-hari," imbuh dia.

Dari hasil tangkapan kali ini, polisi mengamankan satu unit sepeda motor Vario beserta STNK. Pelaku dijerat dengan Pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.


"Kami masih terus melakukan pendalaman, siapa tahu muncul korban lain juga," tandasnya.

Sementara Barbie mengaku melakukan aksi itu karena kepepet masalah utang. Dirinya didatangi oleh rentenir oleh rentenir motor tersebut yang waktu itu dibawa Barbie diambil sebagai jaminan.

"Belum sempat saya bayar sudah ditangkap seperti ini," pungkas dia.


Simak juga video "Martin Pratiwi Kembali Laporkan Ashanty atas Dugaan Penggelapan" :

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com