Ambil Formulir Pilwali Surabaya, Ahmad Dhani Bidik Cawali atau Cawawali?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Jumat, 01 Nov 2019 13:50 WIB
Ahmad Dhani/Foto file: Antara Foto/Didik Suhartono
Surabaya - Ahmad Dhani Prasetyo mengutus seseorang mengambil formulir untuk mendaftar Pilwali Surabaya 2020 dari DPC Gerindra setempat. Apakah Dhani akan mendaftar menjadi calon Wali Kota Surabaya atau wakil wali kota?

Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya BF Sutadi mengaku belum mengetahui posisi apa yang dibidik Dhani. Sebab hingga kini, Dhani belum mengembalikan formulir yang sudah diambil utusannya pada 26 Oktober lalu.


"Formulir belum dikembalikan. Jadi belum tahu yang bersangkutan (Dhani) mau (daftar jadi) wali kota atau wakil wali kota," kata Sutadi di Surabaya, Jumat (1/11/2019).

Hingga kini, Sutadi masih menunggu pengembalian formulir Ahmad Dhani beserta berkas yang harus dilengkapi. Nantinya, Menurut Sutadi, pengembalian formulir akan ditutup pada 15 November mendatang.

"Kami tunggu sampai tanggal 15 November, batas pengembalian formulir, bakal calon juga harus mengumpulkan syarat-syarat, dan esai tentang programnya," imbuhnya.

Ahmad Dhani merupakan mantan calon legislatif DPR RI dari Partai Gerindra. Ia bertarung di Daerah Pemilihan Jawa Timur 1, meliputi Surabaya dan Sidoarjo pada Pileg 2019. Sayangnya, pentolan band Dewa 19 itu gagal melenggang ke Senayan.

Kini, Dhani Masih menjalani hukuman pidana lantaran divonis bersalah dalam sejumlah kasus. Kasus pertama yakni ujaran kebencian melalui cuitan di akun twitternya.


Dalam kasus ini Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Dhani selama satu tahun enam bulan penjara. Ia langsung ditahan di Rutan Cipinang sejak 28 Januari 2019. Namun di tingkat banding, vonis itu berkurang menjadi satu tahun penjara.

Selain itu, Dhani juga terkena kasus pencemaran nama baik melalui ujaran 'idiot'. Dalam perkara itu dia divonis 1 tahun penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Surabaya. Kasus ini tengah dalam proses banding. (sun/bdh)