Dispora Surabaya: Kerusakan GBT 100% Tanggung Jawab Panpel Persebaya

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 15:39 WIB
Stadion GBT pascakerusuhan suporter (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Stadion GBT pascakerusuhan suporter (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya menginventarisasi kerusakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pascakerusuhan suporter. Menurut pihak Dispora, tanggung jawab perbaikan stadion ada di pundak panpel laga Persebaya versus PSS Sleman.

Seperti pantauan detikcom di lokasi, rumput lapangan sebelah utara rusak. Kemudian lintasan atletik di sekitar rumput tersebut juga hangus terbakar.

Tak hanya itu, jaring gawang sisi utara juga hampir habis terbakar. Di lokasi tampak petugas menggulung rumput stadion yang hangus serta membereskan kaca bench pemain yang pecah.


Kepala Dispora Afghani Wardhana mengatakan pihaknya melakukan inventarisasi terkait kerusakan stadion seusai laga Persebaya Surabaya versus PSS Sleman, Selasa (29/10), yang diwarnai kerusuhan suporter tuan rumah.

"Kami turun bersama-sama untuk melihat secara langsung dan menginventarisasi bagian yang mengalami kerusakan. Insyaallah bisa tertangani semuanya," kata Afghani kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).

Afghani menambahkan, beberapa fasilitas di stadion juga rusak. "Satu, terkait rumput yang barangkali ada terbakar, mungkin bisa tertangani. Kemudian ada lintasan atletik yang kemarin dipakai ikut dibakar. Insyaallah bisa tertangani. Ada jendela yang pecah," papar Afghani.

"Yang paling penting adalah setiap pertandingan seperti ini ada dinamika dan fakta bahwa setiap event ada sedikit kerusakan. Ada hal-hal yang perlu kami benahi," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2