Dua Hutan Trenggalek Kembali Terbakar, Satu Warga Luka

Adhar Muttaqin - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 18:52 WIB
Dua Hutan Trenggalek Kembali Terbakar (Foto: Istimewa)
Trenggalek - Kebakaran hutan kembali terjadi di Trenggalek. Kali ini kobarkan api membakar dua kawasan hutan di RPH Karangan. Kebakaran juga mengakibatkan satu warga mengalami luka bakar saat mencoba membantu memadamkan api.

KPH Perhutani Kediri Selatan, Andy Iswindarto, mengatakan lokasi kebakaran terjadi di ruas jalan nasional Trenggalek-panggul petak 101 Desa Puru serta petak 103 C Desa Nglebo, Kecamatan Suruh. Sedangkan luas hutan yang terbakar mencapai 6,25 hektare.

"Kedua lokasi yang terbakar ini adalah hutan pinus yang kondisinya masih aktif disadap. Untuk di petak 101 yang terbakar 0,25 hektare sedangkan di petak 103 C sekitar 6 hektare," kata Andy, Kamis (25/10/2019).


Sejumlah anggota tim gabungan dari Perhutani, TNI, polisi, BPBD dan masyarakat bersama-sama diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman. Di titik jalan nasional, proses pemadaman berlangsung lebih cepat selama satu jam, karena lokasinya berada di pinggir jalan raya.

Sedangkan pemadaman di petak 103 C membutuhkan waktu yang lebih lama, sebab lokasinya relatif sulit dijangkau. Selain itu luas area yang terbakar mencapai 6 hektare.

"Kebetulan yang terbakar ini adalah hutan pinus, sehingga api dengan cepat membesar. Getah pinus itu mudah sekali terbakar," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2