Sekolah dan Fasum yang Rusak Akibat Angin Kencang di Batu Diperbaiki

Muhammad Aminudin - detikNews
Kamis, 24 Okt 2019 13:33 WIB
Sekolah dan rumah rusak diperbaiki (Foto: BPBD Kota Batu)
Batu - Rehabilitasi dampak kerusakan angin kencang di Kota Batu terus berjalan. Hari ini, tim gabungan mulai memperbaiki sekolah dan fasilitas umum.

"Bersama tim gabungan, hari ini rehabilitasi dan rekrontruksi bangunan rusak dilakukan. Yakni SD Negeri Tulungrejo 3 dan SMP Negeri 5 Kota Batu," terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan upaya perbaikan kerusakan dua sekolah dan satu polindes di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu tersebut, dibantu anggota dari Batalyon Zipur 10.


"Dilakukan pembagian tim per lokasi untuk melakukan rekrontruksi dan rehabilitasi, baik itu rumah warga, sekolah dan polindes," beber Rochim.

Rochim menjelaskan, untuk suplai air bersih bagi warga Desa Sumberbrantas turut dibantu oleh PDAM Kota Batu, dan Dinas penanggulangan Kebakaran Kota Batu dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur.

"Untuk air di rumah penduduk 50 persen sudah mengalir, dan saat ini dilakukan suplai air oleh PDAM Kota Batu, dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur," bebernya.


BPBD Kota Batu mencatat setidaknya ada 515 rumah terdampak bencana angin kencang yang terjadi di wilayah Desa Sumberbrantas beberapa waktu lalu.

Dengan rincian, rusak berat sebanyak 9 unit rumah, rusak sedang 79 rumah, dan rusak ringan 427 rumah.





Video saat Diterjang Angin Berdebu, Bangunan Warga di Desa Sumberbrantas Rusak!:

[Gambas:Video 20detik]



(fat/fat)