detikNews
2019/10/23 16:17:29 WIB

Sekolah MIN 1 Malang Diliburkan: 212 Siswa dan 15 Guru Pembawa Difteri

Muhammad Aminudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sekolah MIN 1 Malang Diliburkan: 212 Siswa dan 15 Guru Pembawa Difteri Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Malang (Foto file: Muhammad Aminudin)
Malang - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang menyebut 212 anak didiknya carrier (pembawa) bakteri difteri. Libur sekolah disebut sebagai langkah deteksi dini penularan. Pekan depan para pelajar sudah dinyatakan kembali mengikuti belajar mengajar.

"Sebelumnya SWAB (metode uji laboratorium untuk difteri), ada 212 siswa kami yang dinyatakan carrier difteri, dari 1.617 siswa yang ada. Masih carrier, makanya kami meliburkan para siswa untuk mencegah penularan," ungkap Kepala Sekolah MIN 1 Malang Suyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (23/10/2019).

Dia menjelaskan, 212 pelajar dinyatakan positif tertular dan dikategorikan sebagai carrier atau terindikasi membawa bakteri penyebab difteri dari hasil SWAB, menyebar dari mulai kelas 1 hingga 6.

Pengobatan dengan memberikan obat propilaksi telah dilakukan, untuk memulihkan gejala yang dialami.


"212 Itu menyebar dari kelas 1 sampai 6. Propilaksi sebagai langkah pencegahan sudah diberikan kepada para siswa untuk dikonsumsi," terangnya.

Suyanto menambahkan, selain 212 pelajar yang terindikasi terjangkit difteri, turut ditemukan 15 guru dan karyawan dinyatakan dalam kondisi yang sama.

"Untuk guru dan karyawan 15 orang. Sekarang sudah dilakukan karantina. Semoga bisa cepat pulih kembali," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com