Hari Ketiga, Pengungsi Angin Kencang di Kota Batu Tinggal 891 Jiwa

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 22 Okt 2019 12:53 WIB
Posko pengungsian di Kota Batu (Muhammad Aminudin/detikcom)
Batu - Jumlah warga Kota Batu yang mengungsi akibat angin kencang berkurang. Memasuki hari ketiga, pengungsi tinggal 891 orang dari sebelumnya 1.182 jiwa.

BPBD Kota Batu menyampaikan banyak pengungsi yang pulang untuk ikut tinggal bersama kerabatnya. "Banyak yang dijemput oleh keluarganya dibawa ke desa yang aman. Bukan pulang ke tempat tinggal mereka karena masih cukup berisiko," terang Kepala BPBD Kota Batu Sasmito kepada wartawan, Selasa (22/10/2019).

Ratusan pengungsi itu tersebar di sejumlah posko pengungsian yang didirikan. Tempat pengungsian tersebut yakni Balai Desa Punten sebanyak 196 pengungsi dan Balai Desa Sidomulyo sebanyak 292 orang. Kemudian Balai Desa Tulungrejo sebanyak 183 orang dan di Rumah Dinas Wali Kota Batu sebanyak 118 orang. Lalu di Balai Desa Sumbergondo sebanyak 17 orang serta Posko pengungsian di Desa Oro-Oro Ombo sebanyak 85 pengungsi.


"Yang jelas belum ada rekomendasi warga untuk bisa ke tempat tinggalnya," lanjut Sasmito.

Ia menambahkan, hari ini tengah dilakukan kajian cepat akan dampak kerusakan dari bencana angin kencang yang melanda wilayah Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji.

"Hari ini kami fokuskan pada kaji cepat dampak dan kerusakan. Untuk memastikan apakah pengungsi masih harus bertahan di pengungsian ataukah sudah diperbolehkan pulang," lanjut Sasmito.
Selanjutnya
Halaman
1 2