Ada Dugaan Faktor Kesengajaan dalam Kebakaran Gunung Argopuro

Ada Dugaan Faktor Kesengajaan dalam Kebakaran Gunung Argopuro

Yakub Mulyono - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 16:33 WIB
Kebakaran di Gunung Argopuro/Foto: Ghazali Dasuqi
Kebakaran di Gunung Argopuro/Foto: Ghazali Dasuqi
Jember - Sejumlah titik api dalam kebakaran hutan Gunung Argopuro berangsur padam. Pemadaman terus dilakukan baik dari sisi atas maupun bawah.

"Yang dari atas, tim dari Cikasur berhasil memadamkan sejumlah titik api. Sedangkan yang dari bawah, terutama dari kebun Rayap, Kecamatan Arjasa, tim terus melakukan upaya pemadaman," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo, Senin (21/10/2019).


Menurut Heru, upaya tim membuahkan hasil. Kebakaran tidak terus meluas.

"Kalau kita lihat dari Google, ada beberapa titik api. Ketika kita tarik garis, kebakaran ini luasannya sekitar 45 kilometer persegi," terang Heru.

Mengenai penyebab kebakaran, Heru menyampaikan ada dua kemungkinan. Yakni karena memang kekeringan, atau unsur kesengajaan.

"Bisa juga karena ada kesengajaan. Misal, dari beberapa pohon yang roboh, ada indikasi bukan karena terbakar. Tapi roboh dulu baru dibakar," imbuhnya.


Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan. Karena dampak yang ditimbulkan sangat merugikan.

"Ini nanti kalau sudah musim penghujan, maka akan rawan terjadinya longsor karena tidak ada lagi pohon yang bisa menyerap air," pungkas Heru. (sun/bdh)