detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 09:31 WIB

Kebakaran Lalap Enam Gunung di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Kebakaran Lalap Enam Gunung di Jatim Kebakaran di Ijen Banyuwangi/Foto file: Ardian Fanani
Surabaya - Hingga pagi ini, tercatat ada enam gunung di Jawa Timur yang dilanda kebakaran hutan. Para petugas gabungan masih berupaya memadamkan api.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim Satriyo Nur Seno. Enam Gunung tersebut tersebar di beberapa kabupaten. Mulai dari Pasuruan, Batu, Kediri, Situbondo hingga Banyuwangi.

"Ada Arjuno Welirang, Ijen, Argopuro, Semeru, Bromo, Wilis," kata Satriyo kepada detikcom di Surabaya, Senin (21/9/2019).


Sebelumnya, Satriyo sempat menyebutkan kesulitan tim di lapangan dalam pemadaman kebakaran karena angin kencang. Selain itu, lahan kebakaran yang cukup luas dan medan yang terjal juga turut menyulitkan tim.

Satriyo menyampaikan, pihaknya juga tengah menangani bencana angin kencang di Kota Batu yang menelan satu korban jiwa. Kemudian lebih dari seribu warga mengungsi.


"Ini saya masih backup Batu," imbuh Satriyo singkat.

Dari data yang dihimpun detikcom, kobaran api di Gunung Arjuno-Welirang meluas hingga mencapai ribuan hektare. Sementara di beberapa gunung lainnya, hingga kini petugas masih melakukan pembasahan dan menutup seluruh jalur pendakian.



Tonton vidoe Gunung Ranti Terbakar, Kawah Ijen Ditutup:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com