Round-Up

Survive 4 Pendaki yang Berhasil Dievakuasi Dari Terbakarnya Gunung Ranti

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Senin, 21 Okt 2019 08:29 WIB
Keempat pendaki saat ditemukan di atas gunung (Foto: Ardian Fanani)
Keempat pendaki saat ditemukan di atas gunung (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Gunung Ranti di Banyuwangi terbakar hebat pada Sabtu (19/10). Empat pendaki diketahui terjebak di gunung yang bersebelahan dengan kawasan Kawah Ijen tersebut.

Empat orang pendaki tersebut merupakan mahasiswa Universitas Jember. Mereka adalah Lisa Milyan (19), Azzamylah (20), dan Fajar (20). Ketiganya berasal dari Jember. Dan satu pendaki lagi adalah Thayib Hidayat (20) asal Malang.

Tim SAR gabungan menemukan mereka sekitar pukul 10.24 WIB, Minggu (20/10/2019). "Kondisi tadi malam tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian, karena angin kencang. Akhirnya pencarian dimulai pukul 06.00 WIB ke lokasi yang diduga tempat berlindung keempat pendaki tersebut," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram kepada detikcom, Minggu (20/10/2019).

Tim SAR pertama kali menemukan Lisa Milyan dan Thayib Hidayat. Selang beberapa waktu, dua pendaki lainnya, Azzamylah dan Fajar, juga berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.


"Mereka berhasil menyelamatkan diri dengan lari menuju puncak," ungkap Eka.

Meski ditemukan siang hari, namun keempat pendaki tersebut baru bisa dievakuasi pada malam hari. Ini dikarenakan evakuasi terhambat badai dan kepungan api. Keempat mahasiswa tersebut dalam kondisi sehat.

"Kita menemukan (pendaki) sejak pukul 10.24 Wib pada ketinggian 2.000 mdpl. Belum bisa turun karena pada saat itu ada badai dan angin besar," ujar Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, Ketua tim gabungan penyelamatan.

Tak hanya badai, kata Dandim Yuli Eko, tim penyelamat juga terhalang oleh api yang kembali membakar pohon dan ranting di Gunung Ranti. Hingga mengakibatkan pihaknya mencari jalur alternatif yang lebih aman. Pihaknya bersama basarnas dan BPBD terus berusaha mengevakuasi pendaki untuk turun.

Rasa syukur 4 pendaki yang berhasil dievakuasi dari terbakarnya gunung rantiFoto: Ardian Fanani

Selanjutnya
Halaman
1 2