Jelang Pelantikan Presiden, Polisi dan Ulama di Madiun Gelar Istigasah

Sugeng Harianto - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 12:27 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Polisi, TNI dan ulama Kabupaten Madiun menggelar doa bersama dan istigasah. Bertempat di masjid Taqwa Polres Madiun Jalan Soekarno Hatta, doa bersama dan istigasah ini untuk mewujudkan Indonesia utamanya Kabupaten Madiun selalu dalam kondisi damai, aman dan kondusif.

"Kegiatan doa bersama dan istigasah ini kita laksanakan bersama ulama untuk memohon kepada Allah SWT, agar wilayah kita utamanya Kabupaten Madiun aman dan damai bersamaan dengan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden besok," ujar Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono kepada wartawan usai acara, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan doa bersama dan istigasah ini kata Ruruh juga merupakan lanjutan dari acara blusukan yang dilakukan setiap Jumat ke Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Madiun. Harapan dari doa bersama ini, lanjut Ruruh, juga mengajak elemen masyarakat untuk menciptakan kedamaian di Papua.


"Selain itu, dalam doa bersama ini juga mendoakan masyarakat yang terkena musibah di Indonesia. Agar seluruh Indonesia utamanya wilayah Papua damai dalam keutuhan NKRI. Dalam hal demikian dengan adanya kebersamaan ini saya yakin Kabupaten Madiun aman dan damai," tandasnya.

Doa bersama dan istigasah menghadirkan dua tokoh agama di kabupaten Madiun. Yakni ketua PCNU Kabupaten Madiun KH Ahmad Mizan Basyari (Gus Mizan), pengasuh Pesantren Subulul Huda. Serta Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Madiun KH. Muhammad Sodiq.

Dalam tauziahnya Gus Mizan mengajak semua tamu undangan jajaran TNI dan Polri serta masyarakat untuk menciptakan kedamaian menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden besok Minggu (20/10).


"Suasana Kabupaten Madiun saat ini sudah aman kondusif, jangan sampai terpancing suasana yang memancing ketidak harmonisan antar sesama umat beragama. Madiun danai, Indonesian damai kita sukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," paparnya.

Dalam kesempatan ini, usai gelar istigasah dan doa bersama Ruruh memberikan santunan kepada yayasan anak yatim piatu. Dalam pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Polres Madiun telah menyiapkan sekitar seribu personel gabungan baik Polri, TNI serta Linmas.




30 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf:

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)