detikNews
2019/10/18 18:53:56 WIB

Kondisi Membaik, Dokter Lepas Alat Bantu Pernafasan Istri yang Dibakar Suami

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kondisi Membaik, Dokter Lepas Alat Bantu Pernafasan Istri yang Dibakar Suami Istri dibakar suami sudah tidak memakai alat bantu pernafasan/Foto: Istimewa
Surabaya - Tiga hari dirawat di RSU dr Soetomo, kondisi luka bakar Putri Narulita (19), istri yang dibakar suami berangsur membaik. Putri tidak lagi memakai alat bantu pernafasan.

Humas RSU dr Soetomo, dr Pesta Parulian mengatakan alat bantu pernafasan yang dipasang mulai dilepaskan. Sebab, si pasien sudah bisa bernafas dengan normal.

"Kondisi mulai membaik, kita sudah lepaskan alat nafasnya, dan pasien sudah berkomunikasi dengan baik. Walaupun belum bisa bersuara jernih, seperti layaknya pasien normal. Karena masih ada pengaruh dari luka bakarnya," kata Pesta saat dihubungi detikcom, Jumat (18/10/2019).


Alasan tim dokter melepas alat bantu pernafasan, jelas dia, diduga hawa panas yang dihirup pasien tidak sampai ke paru-paru.

"Ketika kita melihat 1x24 jam hingga, 2x24 jam pasien bisa bernafas sempurna, artinya terhirupnya udara panas tersebut dapat diduga sementara tidak mencederai bagian paling bawah paru-paru. Hanya mungkin jalan nafas di bagian atas tenggorokan bengkak," ujar Pesta.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com