Jelang Pelantikan Presiden, Aparat Gabungan di Banyuwangi Gelar Apel Pasukan

Jelang Pelantikan Presiden, Aparat Gabungan di Banyuwangi Gelar Apel Pasukan

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 18 Okt 2019 10:15 WIB
Aparat gabungan Banyuwangi patroli bersama/Foto: Ardian Fanani
Aparat gabungan Banyuwangi patroli bersama/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Aparat pengamanan di Banyuwangi melakukan gelar pasukan kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Tak hanya itu, selama operasi berlangsung, Polres, Lanal dan Kodim 0825 Banyuwangi menggelar Patroli gabungan berskala besar.

Apel gelar pasukan gabungan bersandi Mantap Brata Semeru 2019 ini digelar di Mpolres Banyuwangi, Jumat (18/10/2019). Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi memimpin apel yang dilakukan dalam rangka pengamanan daerah menjelang pelantikan orang nomer satu di Indonesia ini.

"Kegiatan ini dilaksanakan tentunya berhubungan dan berimplikasi mengawal jalannya proses demokrasi. Di mana tanggal 20 Oktober akan dilaksanakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI," ujar Kapolres Taufik kepada detikcom, Jumat (18/10/2019).

"Operasi berlangsung setiap hari guna menjamin stabilitas kantibmas tetap kondusif di Kabupaten Banyuwangi," tambah Taufik.


Sasaran pengamanan kali yakni pada kegiatan-kegiatan jalanan yang saat ini meningkat di wilayah hukum Polres Banyuwangi. Inti operasi, kata Kapolres Taufik, menyasar pada kejahatan seperti premanisme, kejahatan jalanan atau begal, peredaran minuman keras tradisional baik yang mengedarkan, pembuatnya, maupun tempat- tempat yang sering dijadikan sebagai tempat pesta miras.

"Selain itu kita juga akan mengamankan para pembuat senjatan tajam dalam hal ini busur, badik dan parang yang dapat membahayakan seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.

Kegiatan operasi gabungan ini, kata dia, merupakan kerjasama yang baik sekaligus membuktikan Pemkab Banyuwangi bersama elemen lainnya saling mendukung dan bekerjasama menciptakan wilayah kondusif bagi masyarakat Banyuwangi.

Sementara terkait aksi demo ataupun kegiatan menyalurkan aspirasi saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI tepat tanggal 20 Oktober mendatang ditiadakan. (fat/fat)