detikNews
2019/10/12 20:21:22 WIB

Pemadaman Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang Terkendala Jumlah Personel

Muhajir Arifin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemadaman Kebakaran Gunung Arjuno-Welirang Terkendala Jumlah Personel Asap yang mengepul dari kebakaran di Gunung Arjuno/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Kebakaran terjadi terus-menerus di Gunung Arjuno-Welirang selama musim kemarau. Pemadaman sering mengalami kendala karena keterbatasan personel.

Ratusan hektare hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo habis akibat kebakaran yang bertubi-tubi sejak awal tahun. Pihak Tahura R Soerjo berharap semua kalangan ikut melibatkan diri dalam upaya pemadaman hutan. Dampak kerusakan hutan konservasi di Arjuno-Welirang akibat kebakaran sangat luas.

"Harapan kami semua pihak terlibat pemadaman kebakaran gunung. Potensi-potensi yang ada di sekitar Tahura dapat membantu mengupayakan pemadaman kebakaran hutan agar kerusakan yang terjadi bisa diminimalisir," kata Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi, Sabtu (12/10/2019).


Wahyudi menegaskan, menjaga kawasan konservasi Arjuno-Welirang dan gugusan gunung di sekitarnya seperti Ringgit dan Gunung Kembar, merupakan kewajiban bersama. Dampak kerusakan kawasan ini cukup luas.

"Hutan kita bersama. Tahura ini kan hanya lembaga yang harus bertanggung jawab apabila terjadi seperti sekarang ini. Persepsi di masyarakat seolah hutan ini urusan Tahura padahal manfaatnya untuk semuanya masyarakat dan semua makhluk hidup yang tergantung kawasan," terangnya.

Kawasan Tahura R Soerjo memiliki luas 27.800 hektare, mencakup Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang dan Kota Batu. Sementara personel lapangan yang dimiliki Tahura sekitar 95 orang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com