Dengan SIMANIS, Wanita di Malang Cuma Butuh 15 Menit untuk Urus SIM

Muhammad Aminudin - detikNews
Sabtu, 12 Okt 2019 14:35 WIB
Kaum wanita saat mengurus SIM dengan SIMANIS/Foto: Muhammad Aminudin

"Jadi dengan antrean khusus yang diberikan, ibu-ibu atau kaum wanita tidak perlu menunggu lama, pengurus SIM akan lebih cepat. Kemudian mereka bisa kembali menjalani aktivitas sebagai ibu rumah tangga," beber Yudhi.

Kecepatan dalam layanan SIMANIS bagi kaum wanita bukan isapan jempol belaka. Mayoritas ibu-ibu yang menjadi pemohon SIM mengaku sangat terbantu. Karena pengurusan SIM hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

"Tentunya kami cukup senang, karena bisa cepat, kita tidak dicampur dengan para laki-laki. Dan kita juga bisa segera balik pulang, untuk kembali mengurus keperluan keluarga di rumah. Terima kasih, kami diberikan ruang dan jalur khusus selama mengurus SIM tadi," terang Diana, seorang ibu yang berdomisili di Pagak, Kabupaten Malang.


Pendapat senada juga disampaikan Tasya Salsa Billa. Mahasiswi ini mengatakan, dirinya dapat menghemat banyak waktu untuk melakukan perpanjangan SIM melalui program SIMANIS tersebut. Karena wanita diberikan antrean khusus sampai dengan pencetakan material SIM selesai.

"Waktunya cepat, kita ada antrean khusus wanita yang tempat berada di paling depan, tidak panas karena ruangan ber-AC. Ini betul-betul sangat membantu dan memberikan kenyamanan bagi kami perempuan dan ibu-ibu," terangnya terpisah.

Satpas Singosari juga sudah membagikan material SIM terbaru bagi para pemohon, tenar disebut sebagai Smart SIM, yang diluncurkan Korlantas Mabes Polri beberapa waktu lalu. Smart SIM memiliki beragama fitur, salah satunya bisa digunakan untuk membayar tol.
Halaman

(sun/bdh)