detikNews
2019/10/12 14:35:27 WIB

Dengan SIMANIS, Wanita di Malang Cuma Butuh 15 Menit untuk Urus SIM

Muhammad Aminudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dengan SIMANIS, Wanita di Malang Cuma Butuh 15 Menit untuk Urus SIM Kaum wanita saat mengurus SIM dengan SIMANIS/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pelayanan prima diberikan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Singosari bagi kaum wanita yang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM). Melalui program SIMANIS, pengurusan SIM hanya butuh 15 menit saja.

SIMANIS merupakan singkatan dari SIM Wanita Saja. Kanit Reg Ident Polres Malang Iptu Yudhi Anugrah Putra mengatakan, SIMANIS lahir atas gagasan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan Kasat Lantas Polres Malang William Tharim Simatupang, untuk menjawab minimnya waktu yang dimiliki kaum hawa.

Mereka banyak yang disibukkan dengan aktivitas rumah tangga, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus SIM. Padahal, kaum wanita juga dituntut patuh hukum, tertib berlalu lintas dengan membuat SIM.


SIMANIS juga merupakan respons Polres Malang dalam menyerap aspirasi masyarakat. Terutama ibu-ibu yang menginginkan dalam pengurusan SIM tidak menyita waktu lama.

"Berawal dari itulah gagasan ini muncul (SIMANIS), Bapak Kapolres Malang bersama Bapak Kasat Lantas ingin memberikan ruang khusus bagi kaum wanita atau ibu-ibu untuk bisa mengurus SIM. Baik itu perpanjangan maupun SIM baru," kata Yudhi kepada detikcom, Sabtu (12/10/2019).

Menurutnya, dengan SIMANIS maka dibuat antrean khusus ibu-ibu. Mulai dari pengambilan nomor antrean, pendaftaran, ruang tunggu, pembayaran administrasi, foto, dan sampai ketika menunggu terbitnya material SIM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com