detikNews
2019/10/11 18:55:27 WIB

DPRD Surabaya Minta Pemkot Tunda Relokasi PKL Jalan Anggrek

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 3
DPRD Surabaya Minta Pemkot Tunda Relokasi PKL Jalan Anggrek Acara dengar pendapat di DPRD Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - DPRD Surabaya menggelar dengar pendapat dengan Pemkot serta pihak Grand City. Dengar pendapat tersebut terkait relokasi PKL di Jalan Anggrek (sebelah Grand City).

Dalam dengar pendapat yang digelar di Ruang Komisi B, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya yang hadir yakni dari Satpol PP, Dinas Koperasi dan bagian hukum pemkot. Dewan meminta rencana relokasi PKL di Jalan Anggrek ditunda untuk sementara waktu. Yakni sampai pemkot menemukan lokasi yang tepat.

Ketua Komisi B Luthfiyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan sidak ke PKL di Jalan Anggrek. Sebagian besar pedagang merupakan penduduk asli Surabaya.


"Secara aturan memang tidak boleh, tapi di sana hampir seluruhnya warga Kota Surabaya. Merek juga melayani para karyawan yang ada di Grand City. Kalau mereka beli di dalam tidak cukup. karena kami tahu UMK tidak cukup," kata Luthfiyah saat dengar pendapat, Jumat (11/10/2019).

Rencana relokasi PKL di Jalan Anggrek, kata Luthfiyah, sesuai dengan Perda Kota Surabaya No 9 Tahun 2014. Yakni tentang penyediaan ruang bagi pedagang kaki lima di pusat perdagangan dan perkantoran. Ia meminta pihak Grand City untuk memberikan ruang kepada PKL.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com