detikNews
2019/10/10 18:07:56 WIB

Balik dari Kampus Unej, Menristekdikti Diteriaki Protes Mahasiswa

Yakub Mulyono - detikNews
Halaman 1 dari 2
Balik dari Kampus Unej, Menristekdikti Diteriaki Protes Mahasiswa Menristekdikti di Universitas Jember (Foto: Yakub Mulyono)
Jember - Dalam kesempatannya memenuhi undangan dari Universitas Jember (Unej) untuk memberikan sambutan dalam acara soft launching gedung integrated laboratory, Jember, menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir disambut langsung Rektor Unej Moh. Hasan.

Namun saat pulang, Nasir malah dilepas teriakan protes sejumlah aktivis mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unej.

Dalam teriakan protes itu, sejumlah mahasiswa menyampaikan penolakan tindakan represif Menristekdikti dan mengeluarkan dua tuntutan.

"Pertama, mencabut pernyataan Menristekdikti terkait ancaman kepada rektor yang menyuruh dan membiarkan mahasiswa melakukan aksi turun jalan. Kedua, mendesak Menristekdikti menindaklanjuti jatuhnya korban pada aksi turun jalan," ujar Wakil Presiden BEM Unej Muhammad Rizal usai melakukan aksi protesnya di depan menteri, Kamis (10/10/2019).


Ia mengungkapkan, aksi protes yang dilakukannya itu, sebelumnya setelah diketahui ada birokrat kampus yang meminta agar tak ada aksi unjuk rasa dengan alasan menjaga kondusifitas.

"Kami mau melakukan aksi. Kami diredam dengan disediakan audiensi. Tapi audiensinya tidak ada proses dialektika. Tidak ada kesepakatan dan tidak ada output bagi kami," jelasnya.

Menurutnya, aksi penyampaian pendapat di depan menteri terkesan dikondisikan.

"Kami digembosi banyak kali sampai tidak dibolehkan, hanya dikasih waktu 10 menit," kata Presiden Mahasiswa Unej Ahmad Fairuz Abadi ikut menambahkan.

Mahasiswa akhirnya sepakat bertemu dan berdialog dengan Nasir, setelah acara seremonial selesai. Namun kekecewaan mahasiswa yang dirasakan. Karena Nasir menolak menandatangani dukungan terhadap dua tuntutan sebagaimana diinginkan mahasiswa.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com