PMI Surabaya Pecahkan Rekor MURI Jelang HUT Palang Merah Indonesia

Titania Dewanti - detikNews
Kamis, 10 Okt 2019 17:31 WIB
PMI Surabaya/Foto: Titania Dewanti
Surabaya - Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memecahkan Rekor MURI. Penghargaan tersebut akan diserahkan dalam Peringatan HUT ke-74 PMI, Minggu (13/10).

PMI Surabaya memecahkan Rekor MURI untuk tiga kategori. Yang pertama penghargaan atas jumlah donor darah sukarela 100 kali terbanyak pada 2012-2018 se-Indonesia. Kemudian penghargaan kepada Totok Sudarto sebagai penggerak donor darah yang telah memperoleh hasil donor darah sukarela terbanyak selama satu dekade tahun 2012-2018. Terakhir penghargaan kepada keluarga Prijadi (tiga generasi) yang konsisten beri bantuan pada PMI Surabaya berupa infrastruktur/peralatan dan kegiatan donor darah sukarela.

Tak hanya itu, Wakil Ketua Pengurus PMI Kota Surabaya Tri Siswanto mengatakan, pihaknya juga mendapatkan prestasi lain. "Pada tahun 2017 UTD PMI Kota Surabaya mendapat prestasi sebagai Unit Transfusi Darah pertama kali yang menerima sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari Badan POM," ujar Tri Siswanto di Gedung Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia, Surabaya, Kamis (10/10/2019).


Tri menyampaikan, PMI mengangkat tema khusus untuk memperingati HUT ke-74. Yakni PMI Tangguh, Indonesia Maju.

"Tema ini diterjemahkan oleh kawan-kawan PMI sebagai kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas yang terus menerus dengan semangat tinggi dan solidaritas," lanjut Tri.

Kemudian pengurus Harian PMI Kota Surabaya Eko Harianto mengatakan, kegiatan PMI tidak hanya donor darah. Tetapi juga ada pelayanan kepada masyarakat.