Bermodal 'Gombal', Seorang Pria di Sidoarjo Raup Jutaan Rupiah/Bulan

Suparno - detikNews
Jumat, 04 Okt 2019 07:11 WIB
Sentot, perajin pot bunga dari kain bekas di Sidoarjo/Foto: Suparno
Sidoarjo - Seorang pria di Sidoarjo menyulap kain bekas atau gombal menjadi pot bunga. Setiap bulannya ia meraup untung Rp 4 juta.

Dalam menjalani kehidupan, setiap orang kerap memiliki barang bekas yang tidak terpakai. Salah satunya gombal. Kain bekas tersebut ternyata dapat dikreasikan menjadi serba-serbi yang bisa memperindah dekorasi rumah.

Caranya, kain bekas tersebut dicampur dengan semen dan pasir. Dengan campuran tersebut, gombal bisa disulap menjadi barang kerajinan berupa pot bunga atau tanaman.


Seperti yang dilakukan Sentot (48), warga Desa Sepande RT 11 RW 03, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Ia mampu membuat pot bunga yang unik menggunakan tiga bahan dasar tersebut. Yakni gombal, pasir dan semen.

Mantan tukang bangunan itu mengaku, pembuatan pot bunga daur ulang tersebut ia geluti dalam 3 bulan terakhir sejak mulai berkecimpung di bank sampah pada 2017. "Saya mengetahui pembuatan pot itu waktu masuk di bank sampah. Banyak teman-teman di sana yang membuat, tapi saya lihat kurang maksimal," kata bapak dua anak itu Jumat (4/10/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3