Badan Geologi Bandung Survei Georadar Terkait Semburan Minyak di Surabaya

Titania Dewanti - detikNews
Kamis, 03 Okt 2019 20:38 WIB
Proses survei Badan Geologi Bandung di sekitar lokasi semburan minyak di Surabaya/Foto: Titania Dewanti
Surabaya - Semburan minyak dan air di Surabaya menarik Badan Geologi Bandung untuk melakukan survei. Mereka melakukan survei georadar dan mencoba mendeteksi kemungkinan adanya wellhead di lokasi semburan.

Badan Geologi, Pusat Survei Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bandung melakukan survei di Jalan Kutisari Indah Utara III, Surabaya. Kepala Sub Bidang Geofisika Dasar dan Terapan Badan Geologi Bandung Lucki Junursyah mengatakan, mereka langsung melakukan survei setelah mendapat kabar soal semburan minyak di Surabaya.

"Setelah dapat kabar akhirnya kami ke sini dan melakukan survei. Kami coba melakukan dengan metode geofisika yaitu GPR (Ground Penetrating Radar). Jadi metode ini menggunakan ilmu fisika elektromagnet. Alat tersebut mengeluarkan elektromagnet masuk ke bumi bila ada benda konduktif akan diterima dan balik lagi," ujar Lucki di lokasi, Kamis (3/10/2019).


Lucki menambahkan, alat tersebut memiliki kemampuan terbatas. Yakni hanya bisa mendeteksi hingga kedalaman sekitar 20 meter saja. Tim melakukan survei di sepanjang Jalan Kutisari Indah Utara III.

Selain itu, survei ini juga dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya wellhead atau alat yang digunakan dalam pengeboran minyak di kedalaman tertentu. "Metode ini kita lakukan untuk mengetahui apakah ini (minyak) keluar dari suatu wellhead purba atau wellhead sejak zaman Belanda. Dengan metode ini kita juga akan tahu apakah di jalanan ini ada wellhead seperti itu yang terbenam," papar Lucki.

"Setelah ini harus dipastikan kembali dan difokuskan lagi. Kalau memang benar ada wellhead maka harus ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat. Setelah itu tinggal dikonservasi untuk bagaimana penanganan untuk penutupan sumber tersebut. Tapi kalau tidak ada, ya alhamdulillah," ujar Lucki.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2