detikNews
2019/10/03 13:53:12 WIB

Longsor di Bibir Bengawan Solo Meluas, Puluhan Rumah Warga Rusak

Eko Sudjarwo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Longsor di Bibir Bengawan Solo Meluas, Puluhan Rumah Warga Rusak Longsor di Lamongan/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Longsor di bantaran Sungai Bengawan Solo, Kecamatan Laren meluas. Sebelumnya longsor hanya terjadi di Dusun Gendong, Desa Laren. Namun kini di Desa Pelangwot juga.

Longsor di Desa Pelangwot terjadi di 2 dusun. Yakni Dusun Pelangwot dan Kalimondo. Akibatnya, sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Bahkan ada rumah juga nyaris roboh terbawa longsor.

"Terjadinya longsor ini tidak spontan namun perlahan-lahan. Tapi tanah terus longsor sehingga rumah di atasnya ikut hanyut," kata salah seorang warga Dusun Pelangwot yang rumahnya terkena longsor, Samolan, Kamis (3/10/2019).


Menurut Samolan, amblesnya tanah atau longsornya bantaran Bengawan Solo karena ditinggalkan air saat musim kemarau ekstrem. Struktur tanah mudah longsor ketika ditinggalkan air Bengawan Solo. Oleh warga, rumah yang rusak terpaksa dirobohkan karena kalau dibiarkan bisa mengancam keselamatan penghuni rumah.

"Longsornya tanah di bibir Bengawan Solo ini membuat warga resah dan ketakutan karena khawatir longsor mendadak saat mereka sedang berdiam di rumah. Apalagi malam saat penghuni rumah tertidur," imbuh Samolan.

Samolan menuturkan, saat ini ada belasan rumah yang terancam ambles terseret tanah. Sementara di Dusun Kalimondo, longsor juga menyebabkan 3 bangunan yakni masjid dan Taman Pendidikan Alquran serta rumah milik warga sebagian miring.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com