Home Industry Pil Koplo di Kediri Dibongkar, 67 Ribu Butir Disita

Andhika Dwi - detikNews
Selasa, 01 Okt 2019 17:17 WIB
Foto: Andhika Dwi
Foto: Andhika Dwi
Kediri - Home industry pembuatan narkoba jenis pil dobel L dibongkar. Dua pelaku dan puluhan ribu pil beserta alat pembuatannya diamankan.

Polisi membongkar produksi rumahan pil dobel L. Pelaku yang diamankan adalah Sutiono (33), warga Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem, dan Sugeng Pramono (27), warga Desa Paron, Kecamatan Ngasem.

Penggerebekan ini tindak lanjut dari laporan masyarakat bahwa sebuah rumah di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, diduga memproduksi narkoba. "Awalnya ada informasi terkait home industry pil dobel L di tempat kos milik tersangka. Kami lakukan penggerebekan dan berhasil mengungkap produksi rumahan obat keras ini," kata Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal kepada wartawan, Selasa (1/10/2019).

Dari penangkapan dua tersangka ini, petugas mengamankan barang bukti, di antaranya satu kardus obat Sidiadryl, satu kardus obat Scopamin, satu plastik perekat, dua buah botol kaca, dua ember besar berisi tepung tapioka, serta satu ember plastik berisi tepung yang sudah dicampur dengan obat Sidiadryl dan Scopamin.


"Anggota berhasil mengamankan peralatan yang digunakan pelaku, di antaranya satu buah oven, satu buah mesin pencetak pil, satu buah alat pres plastik, dan 8 bendel plastik kosong. Kami juga mengamankan 67 ribu pil dobel L," tambah Roni.

Menurut Kasatnarkoba Polres Kediri AKP Eko Sanosin, saat ini polisi masih mengembangkan kasus tersebut.

"Menurut dua tersangka, bahan dasarnya mereka beli dari sebuah situs online. Saat ini kami masih melakukan pengembangan dan penyelidikan terkait situs tersebut," tegasnya.

Kini dua tersangka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Keduanya dijerat dengan Pasal 197 UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukuman pidana penjara selama 15 tahun.



Tonton juga video Waspada! Peredaran Pil Koplo Bermodus Label Vitamin B:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)