detikNews
2019/10/01 14:31:46 WIB

Staf Kecamatan di Surabaya Tersangka Rasisme, Istri Ajukan Praperadilan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Staf Kecamatan di Surabaya Tersangka Rasisme, Istri Ajukan Praperadilan Sidang praperadilan kasus rasisme di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Istri staf Kecamatan Tambaksari Surabaya menggugat Polda Jatim terkait kasus rasisme di Asrama Mahasiswa Papua. Gugatan diajukan istri tersangka AS di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Istri SA yang mengajukan praperadilan itu bernama Nura Zizahtus Shoifah. Praperadilan itu kini mulai disidangkan di PN Surabaya oleh hakim tunggal, I Wayan Sosiawan.

"Saya kepengen menuntut keadilan aja, karena apa, suami saya dituduhkan menjadi tersangka rasis, padahal suami saya tidak rasis. Dia pada saat itu lagi bertugas, jadi di sini saya melalui lawyer saya menuntut untuk praperadilan. Apakah benar bukti-bukti yang ditujukan oleh polisi itu bisa menyeret suami saya," kata Nura kepada wartawan di PN Surabaya, Selasa (1/10/2019).


Nura merasa tidak yakin dengan jeratan yang disangkakan penyidik pada suaminya. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan suaminya sebagai bentuk pembelaan terhadap merah putih.

"Waktu itu membela (merah putih). Dia yang memasang bendera di depan asrama (Asrama Mahasiswa Papua). Dia memasang sampai dua kali, beliau lha Mas Samsul yang memasang," imbuh Nura.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com