detikNews
Senin 30 September 2019, 16:07 WIB

Pimpinan DPRD Jatim 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Harapan Khofifah

Amir Baihaqi - detikNews
Pimpinan DPRD Jatim 2019-2024 Resmi Dilantik, Ini Harapan Khofifah Khofifah lantik pimpinan DPRD Jatim 2019-2024/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Pimpinan DPRD Jawa Timur periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya. Para pimpinan itu terdiri dari Ketua Kusnadi (PDIP) dan empat wakil ketua masing-masing Abdul Halim Iskandar (PKB), Sahat Tua Simanjuntak (Golkar), Anwar Zadad (Gerindra) dan Achmad Iskandar (Demokrat).

Kelima pimpinan itu dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jatim. Turut hadir pula Gubernur Khofifah Indar Parawansa beserta Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

Usai pelantikan, Ketua DPRD Jatim Kusnadi mengatakan agenda selanjutnya yang sudah menunggu adalah penyusunan alat kelengkapan DPRD (AKD). Ia mengaku seluruh AKD sudah disiapkan tinggal menunggu hasil fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri (Depdagri).

"Jadi tentang pra AKD sudah kita siapkan. Cuma memang berdasarkan ketentuan, AKD itu kan dibentuk berdasarkan tata tertib. Tatib sudah selesai kita rumuskan sekarang kita tinggal menunggu hasil fasilitasi dari Depdagri," kata Kusnadi kepada wartawan usai pelantikan di gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura, Senin (30/9/2019).

"Harapan kita hasil fasilitasi bisa selesai minggu ini dan kemudian kita sahkan tatibnya. Baru kita putuskan. Tapi embrionya sudah dan ini tinggal hanya hal-hal bersifat formalitas aja," lanjut pria yang juga Ketua DPD PDIP Jatim itu.


Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku optimis dengan pimpinan baru yang baru saja dilantik dapat mempercepat pembangunan di Jatim. Hal itu karena kelima unsur pimpinan merupakan figur atau tokoh pada periode sebelumnya sehingga saling memahami bagaimana membangun Jatim.

"Kita melihat bersama ada satu keberlanjutan. Insya Allah akan memberikan percepatan bagi proses pembangunan Jatim ke depan karena ada Pak Kusnadi wakil ketua, ada Pak Halim ketua, ada Pak Iskandar dulu wakil ketua, kemudian Pak Sahat dan Pak Anwar Sadad yang dulunya anggota DPRD Jatim," jelas Khofifah.

"Jadi, kelimanya figur, tokoh yang sudah sangat memahami bagimana cara membangun Jatim secara konseptual ada di RPJMD," tambah mantan menteri sosial itu.

Untuk itu, ia berharap setelah dibentuknya AKD, sinergitas antara legislatif dan eksekutif bisa langsung bekerja bersama untuk pembangunan Jatim.

"Mudah-mudahan setelah beliau-beliau dilantik, dan semua perangkat dewan sudah terbentuk, kita bisa bersama-sama berlari menuju Jawa Timur berkemajuan dan berkeunggulan," tandas Khofifah.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com