detikNews
2019/09/30 09:28:28 WIB

Sisihkan Denada di Pileg, Petani Kopi Ini akan Dilantik di Senayan

Andhika Dwi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Sisihkan Denada di Pileg, Petani Kopi Ini akan Dilantik di Senayan Abdul Hakim Bafagih (kanan)/Foto: Andhika Dwi
Kediri - Seorang petani sekaligus pengusaha kopi asal Kota Kediri terpilih menjadi anggota DPR RI. Ia akan dilantik menjadi Anggota DPR RI setelah menyisihkan penyanyi Denada dalam Pileg 2019.

Caleg terpilih itu bernama Abdul Hakim Bafagih (27). Meski Abdul dan keluarga besarnya tinggal di Kota Kediri, ia memilih bertarung di luar Kediri pada Pileg April lalu.

Abdul mencalonkan diri di Dapil Jatim VIII. Yang meliputi Kota/Kabupaten Madiun, Kabupaten Nganjuk Kabupaten Jombang dan Kota/Kabupaten Mojokerto.


Selain kiprahnya di dunia politik, Abdul juga banyak terlibat di komunitas-komunitas. Sebagai contoh, ia aktif membina Asosiasi Kopi Wonosalam, Jombang yang menjadi salah satu basisnya mendulang suara dalam Pileg lalu. Bahkan, di Kecamatan Wonosalam ia meraup suara terbanyak.

Muhamad Edi Kuncoro, salah satu pendiri Asosiasi Kopi Wonosalam melihat Abdul sebagai seorang pemuda yang energik dan memiliki pandangan ke depan dalam hal memajukan pertanian kopi. "Saatnya petani kopi memiliki seorang sahabat muda, kreatif dan peduli. Yang bisa menyerap, menyuarakan dan memperjuangkan aspirasinya di DPR tingkat pusat," kata Muhammad Edi Kuncoro, Senin (30/9/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com