Makin Sore, Mahasiswa Serukan Masuk ke DPRD Jatim dan Ikut Rapat

Titania Dewanti - detikNews
Kamis, 26 Sep 2019 15:54 WIB
Pendemo di depan DPRD Jatim/Foto: Titania Dewanti
Surabaya - Pendemo yang berorasi di depan Gedung DPRD Jatim memaksa masuk bertemu anggota dewan. Namun mereka meminta masuk semua. Bukan perwakilan saja yang diterima anggota dewan.

"Saya tidak ingin ada perwakilan dari kami yang masuk. Saya ingin kami semua bisa masuk dan tidak pakai perwakilan. Jangan sampai terprovokasi, kami atas nama rakyat," teriak salah satu mahasiswa di Jalan Pahlawan, Kamis (26/9/2019).

Dari pantauan detikcom, mahasiswa berteriak masuk ke ruang rapat sidang paripurna berbicara dengan anggota dewan.


"Gedung ini berdiri gagah karena uang rakyat, wakil di dalam makan dari hasil jerih payah petani beras," ujar salah satu pendemo.

Hingga pukul 15.00 WIB, suasana makin memanas dengan permintaan massa yang ingin masuk.

"Kami ini juga tidak ingin seperti di kota-kota lain. Kami tidak ingin ada korban jiwa baik dari aparat ataupun dari massa. Kami hanya ingin masuk dan kita mengadakan sidang rakyat bersama-sama," ujar salah satu pendemo di atas mobil.


Sementara sebagian mahasiswa yang tidak sabar berteriak mengajak teman-temannya untuk maju dan merusak barikade kawat besi yang dipasang polisi. "Ayo maju! "Masuk..Masuk, kami ingin masuk," teriak mahasiswa serempak.

Sedangkan pendemo yang menggunakan pengeras suara justru berusaha menghentikan aksi temannya yang merusak barikade kawat besi.

"Kawan-kawan tetap tenang. Jangan merusak. Jangan terprovokasi. Tetap tenang. Kami sudah mengatakan ingin masuk dan mengadakan sidang rakyat bersama-sama," ungkapnya.




Tonton video Lantunan Asmaul Husna dari Polwan Surabaya Sambut Para Demonstran:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)