Ini Modus Pungli di Wisata Air Panas Mojokerto yang Kena OTT

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 20:46 WIB
Wisata Pemandian Air Panas Padusan/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Satgas Saber Pungli Mojokerto meringkus 3 petugas loket objek wisata pemandian air panas Padusan, Kecamatan Pacet. Seperti apa modus pungli di tempat wisata yang kena OTT itu?

Terdapat dua loket di wisata pemandian air panas Padusan. Loket pertama di pintu masuk ke area wisata. Sementara loket kedua berada di dalam area kolam pemandian air panas.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Muhammad Solikhin Fery mengatakan, pungutan liar (pungli) terjadi di loket kedua. Modusnya, para pelaku meminta para pengunjung membayar biaya masuk sesuai tarif yang ditentukan.


Yaitu Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa, Rp 7.500 untuk anak-anak dan Rp 35.000 untuk wisatawan asing. Namun, mereka sengaja tidak memberikan karcis kepada para pengunjung yang telah membayar tiket masuk.

"Modusnya, karcis yang sudah dijual tidak disobek, tapi disimpan. Pengunjung tidak diberi karcis. Kemudian karcis itu dijual kembali kepada pengunjung lainnya," kata Fery kepada wartawan di Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Senin (23/9/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2