detikNews
2019/09/20 15:08:15 WIB

Pria di Surabaya Curi Kotak Amal dengan Pura-pura Salat Malam

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pria di Surabaya Curi Kotak Amal dengan Pura-pura Salat Malam Konferensi Pers Polsek Lakarsantri/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Seorang pria di Surabaya ditangkap karena mencuri kotak amal masjid. Uang Rp 870 ribu diamankan sebagai barang bukti.

Pelaku pencurian yakni Febrian K (23) warga Benowo, Kecamatan Pakal Surabaya. Pelaku mencuri uang kotak amal di Masjid Roudlatul Jannah, Jalan Raya Jeruk, Surabaya. Sebelum diserahkan ke pihak kepolisian, pelaku sempat diamankan takmir masjid.

Pencurian itu dilakukan pada Senin (10/9) dini hari atau sekitar pukul 02.00 WIB. Febrian melancarkan aksinya dengan berpura-pura menunaikan salat malam.


Pelaku mengaku telah lama mengincar kotak amal tersebut. "Sudah dua jam saya persiapan. Blender bensol digunakan untuk memanasi plat kotak amal. Dengan linggis dipergunakan untuk membuka kotak amal dengan cara mencungkil," kata Febrian kepada wartawan di Polsek Lakarsantri, Jumat (20/9/2019).

Pelaku juga mengaku terpaksa mencuri lantaran pekerjaannya sebagai mekanik di bengkel tengah sepi pelanggan. Hasil pencurian rencananya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Uang buat jajan sama keluar. Karena bekerja di bengkel sepi," terang Febrian.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com