detikNews
2019/09/20 14:29:32 WIB

Datangi Konjen di Surabaya, Massa Desak Australia Deportasi Veronica Koman

Hilda Meilisa - detikNews
Halaman 1 dari 3
Datangi Konjen di Surabaya, Massa Desak Australia Deportasi Veronica Koman Demo Veronica Koman di Konjen Australia di Surabaya (Foto: Istimewa)
Surabaya - Ratusan orang dari Aliansi Pemuda Penegak Hak Asasi Manusia (APP HAM) mendatangi Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Surabaya. Kedatangan massa ini untuk mendesak Australia segera mendeportasi Veronica Koman.

Veronica Koman merupakan tersangka kasus dugaan provokasi kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua. Selain itu, Veronica juga disebut menyebarkan hoaks melalui media sosial twitternya yang diduga menyebabkan gejolak di Indonesia, khususnya Papua.

Dalam aksinya, massa membawa beberapa spanduk dan poster. Poster tersebut bertuliskan antara lain 'Veronica Adalah Provokator Pemecah Suku, Bangsa Agama dan Ras, Tangkap dan Adili Veronica Koman', hingga 'Veronica Koman is Provokator, Serahkan Kepada Negara Kami'.



Selain itu, massa juga membawa beberapa foto Veronica hingga membentangkan beberapa bendera merah putih. Koordinator aksi, Choirul Anam mengatakan Veronica Koman adalah provokator yang menyebabkan banyak korban jiwa dan harta benda di Papua.

"Bagi kami, melindungi pelaku kejahatan adalah suatu bentuk ketidakpatuhan atas rasa keadilan dalam menegakkan Hak Asasi Manusia. Negara kami akan terus bersuara akan hal ini," ujar Choirul di depan Konjen Australia di Surabaya, Jumat (20/9/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com