detikNews
Jumat 13 September 2019, 18:35 WIB

Bang Jek Ngaku Sudah Sodomi Lebih dari 50 Korban dalam 10 Tahun

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Bang Jek Ngaku Sudah Sodomi Lebih dari 50 Korban dalam 10 Tahun Muhajar Sidiq atau Bang Jek (mengenakan baju tahanan)/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Pelaku kasus sodomi Muhajar Sidiq atau Bang Jek (42) melakukan perbuatan asusila tersebut selama 10 tahun terakhir. Ia mengaku telah menyodomi lebih dari 50 korban.

Meski begitu, Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Festo Ari Permana mengatakan, pihaknya baru mengidentifikasi 19 korban. Penyelidikan ini berawal dari pengakuan salah satu korban.

"Dari informasi satu korban, kita tindaklanjuti untuk mencari korban-korban lainnya. Ada 6 korban, selanjutnya kita kumpulkan informasi dari keterangan-keterangan yang ada, setidaknya ada 19 korban yang sudah kami himpun," kata Festo di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (13/9/2019).


"Tersangka sudah pernah melakukan perbuatan tersebut kepada lebih dari 50 anak namun tidak hafal secara persis, hanya hafal 19 saja," imbuhnya.

Festo menambahkan, rata-rata korban merupakan anak-anak di bawah umur hingga remaja. Usianya dari 14 hingga 19 tahun.

"Rata-rata berumur antara 14 sampai dengan 19 tahun, korbannya laki-laki semua. Korbannya berada di sekitar domisili tersangka. Di antaranya di Kabupaten Tulungagung, Blitar, Kediri," papar Festo.

Selain itu, Festo menyampaikan pelaku melancarkan aksinya di rumahnya. Pelaku yang bekerja sebagai pengepul barang bekas ini belum menikah.

"TKP-nya semuanya dilakukan di rumah tersangka. Profesinya swasta yaitu pengepul barang bekas. (Korbannya) tidak hanya tetangga, dia melihat korban dan segala macamnya berkenalan, diajak ke warung kopi dan berlanjut dengan merayu untuk diajak berhubungan," tambahnya.

Sementara terkait korban lainnya, Festo mengatakan pihaknya masih mengupayakan. Karena pelaku telah menghilangkan jejak para korban.


"Kita sementara ini datanya 19 orang korban, tapi juga kita perlu bukti lagi. Karena beberapa ini setelah dia melakukan tindak pidana tersebut beberapa sudah dihilangkan jejaknya dan komunikasi hilang ya tidak menemui. Setelah dia memakai korbannya mungkin lebih daripada 19," pungkas Festo.

Dalam kasus sodomi ini, polisi menjerat Bang Jek dengan pasal 82 UU RI No 17 tahun 2016 jo UU RI no 23 tahun 2002 terkait dengan perlindungan anak. Bang Jek terancam ditahan hingga 15 tahun.

Sementara polisi juga menyita beberapa barang bukti. Seperti celana dalam milik korban, baju milik tersangka, handphone tersangka hingga beberapa akta kelahiran milik korban.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com