detikNews
Jumat 13 September 2019, 16:49 WIB

Kasihan, Kaki Warga Pasuruan Ini Membusuk karena Tak Mampu Berobat

Muhammad Aminudin - detikNews
Kasihan, Kaki Warga Pasuruan Ini Membusuk karena Tak Mampu Berobat Kaki Warga Pasuruan Ini Membusuk/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Hansi Saputra (31), warga Kabupaten Pasuruan harus menanggung derita. Karena tak mampu berobat, luka kaki warga Dusun Selohan RT 02/RW 08 Desa Capang Kecamatan Purwodadi, ini dibiarkan hingga membusuk.

Penderitaan ayah dua anak ini baru mendapat respon setelah seorang warga yang tak sampai hati mengunggah sejumlah foto ke media sosial. Postingan di facebook itu menggugah beberapa orang untuk menolong.

"Kemarin ada yang posting itu. Lalu saya koordinasi dengan polsek dan pihak kecamatan. Harus segera ditangani. Awalnya dibawa ke puskesmas. Saat saya lihat lukanya, saya bersikeras harus dirawat ke rumah sakit," terang Sugiarto, tokoh masayarakat sekaligus anggota legislatif DPRD Kabupaten Pasuruan asal Purwodadi, Jumat (13/9/2019).
Hansi saat di rumah dan dibawa ke puskesmas/Hansi saat di rumah dan dibawa ke puskesmas/ Foto: Muhajir Arifin


Saat ini, Hansi dirawat di RSUD Bangil. "Karena darurat, lukanya sangat parah. Yang penting pasien dapat perawatan dulu. Soal pembiayaan, tengah diupayakan dengan JKN-KIS," terang politikus Golkar ini.


Sugiarto mengatakan kaki kanan Hansi sudah membusuk bahkan sudah mengeluarkan bau tak sedap. Luka akibat kecelakaan itu sedemikian parah karena tidak segera ditangani.

"Informasi dari istrinya, luka itu akibat kecelakaan motor di Desa Pucangsari lebih dari sebulan lalu. Karena tak mampu berobat, dibawa ke sangkal putung. Tapi tak sembuh. Karena merasa nggak mampu ke rumah sakit, akhirnya dibiarkan sampai busuk," terangnya.

Sugiarto berharap RSUD Bangil menangani pasien tersebut dengan baik. Terkait pembiayaan ia tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak antara lain BPJS hingga Jasa Raharja.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com