detikNews
Jumat 13 September 2019, 16:41 WIB

Polisi Tangkap Bang Jek yang 10 Tahun Sodomi Anak di Bawah Umur

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Polisi Tangkap Bang Jek yang 10 Tahun Sodomi Anak di Bawah Umur Muhajar Sidiq (42) atau Bang Jek (mengenakan baju tahanan)/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Perbuatan asusila Muhajar Sidiq (42) atau Bang Jek yang menyodomi anak-anak di bawah umur terendus polisi. Aksi bejat itu telah dilakukan Bang Jek selama 10 tahun terakhir.

"Yang berada di sebelah saya ini adalah saudara Muhajar Sidiq alias Bang Jek. Yang bersangkutan adalah tersangka dari tindak pidana di atas TKP-nya ada di rumah tersangka di Dusun Mayangan, Desa Srikaton, Kecamatan Ngantru, Tulungagung," papar Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Festo Ari Permana di mapolda, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (13/9/2019).

Festo memaparkan, perbuatan asusila itu mulai dilakukan sejak tahun 2008. Usai mendengar ada laporan dari korban, Festo langsung mencari korban lain dan menangkap tersangka.


"Kejadiannya mungkin diawali di tahun 2008 sampai sekarang dari informasi yang kita terima dari korban. Kita menerima informasi itu, kita olah dari keterangan saksi-saksi korban itu kita terbitkan LP untuk mencari korban-korban lainnya. Akhirnya kita mengamankan tersangka yaitu saudara Muhajar Sidiq," imbuh Festo.

Selain itu, menurut Festo pelaku juga memberikan iming-iming sejumlah uang pada korban. Lalu, korban pun diajak ke rumah untuk melakukan hubungan asusila hingga disodomi. Mirisnya, korban Festo adalah laki-laki di bawah umur.

"Kronologisnya sekitar tahun 2008 tersangka memiliki hasrat kepada anak-anak di bawah umur. Dan tersangka memberikan korban iming-iming sejumlah uang dan korban diajak ke rumah tersangka untuk melakukan kegiatan asusila," terang Festo.

"Atas kejadian tersebut, Unit Perlindungan Anak Kabupaten Tulungagung melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim. Tersangka merayu anak di bawah umur dengan diberikan imbalan uang sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Selanjutnya korban diminta untuk telanjang," pungkasnya.


Dalam kasus sodomi ini, polisi menjerat Bang Jek dengan pasal 82 UU RI No 17 tahun 2016 jo UU RI no 23 tahun 2002 terkait dengan perlindungan anak. Bang Jek terancam ditahan hingga 15 tahun.

Pihak kepolisian juga menyita beberapa barang bukti. Seperti celana dalam milik korban, baju milik tersangka, handphone tersangka hingga beberapa akta kelahiran milik korban.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com