detikNews
Jumat 13 September 2019, 12:26 WIB

Seorang Siswi SD di Kota Blitar Baca Puisi Korupsi dalam Roadshow KPK

Erliana Riady - detikNews
Seorang Siswi SD di Kota Blitar Baca Puisi Korupsi dalam Roadshow KPK Pembacaan puisi dalam acara KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi/Foto: Erliana Riady
Blitar - Seorang siswi kelas V SD membaca puisi berjudul Korupsi. Puisi itu dibacakan dalam acara KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi.

Siswi itu bernama Dini. Pelajar SDN Kepanjen Lor 2 Kota Blitar. Gadis kecil itu membacakan puisi hasil karyanya sendiri. Berikut sepenggal sajak yang terdiri dari delapan bait tersebut.

Korupsi kau ambil hak negeri ini
Untuk memperkaya diri sendiri
Orang lain rugi
Kau tak peduli
Yang penting kau happy


Penampilan apik Dini tak mendapat sambutan meriah dari teman-temannya. Karena penasaran, detikcom menghampiri beberapa siswa lain yang hadir di Gedung Koesoema Wicitra itu.

Ternyata, mereka belum paham arti korupsi. Apalagi, arti puisi yang dibacakan Dini. Seperti yang disampaikan Raka, pelajar kelas V SDN Karangtengah 3.

"Korupsi itu KPK. Komisi pemberantasan korupsi. Artinya korupsi apa gak tahu," jawab siswa berseragam pramuka itu pada detikcom, Jumat (13/9/2019).

Jawaban serupa juga disampaikan Jesi, siswi kelas 5 MI Hidayatullah, Kota Blitar. "Korupsi, gak tahu artinya," ujarnya sambil tersenyum.

Ketika Jesi menanyakan ke beberapa teman yang duduk disampingnya, mereka serempak menggelengkan kepala.

Roadshow KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi hadir di Kota Blitar dengan beberapa tujuan. Salah satunya untuk untuk sosialisasi masalah korupsi. Sebanyak 250 pelajar mulai SD sampai SMA diundang dalam acara itu.


"Dalam sesi ini, kami lebih mengenalkan konsep-konsep pencegahan korupsi. Menurut kami, konsep ini penting sejak dini kami kenalkan ke pelajar sebagai generasi penerus bangsa," kata Ketua tim kampanye antikorupsi, Gumilar Prana Wilaga pada detikcom.

Berbagai media pembelajaran disajikan. Mulai dari menonton film, bercerita dan menengok langsung bus KPK.

Sedangkan bagi kalangan mahasiswa, KPK hadir dalam kuliah umum dengan nara sumber Pimpinan KPK terpilih, Alexander Marwata. Kuliah umum dilaksanakan di Kampus Universitas Blitar. Kemudian usai salat Jumat, KPK akan hadir di Gedung DPRD Kota Blitar untuk menyampaikan strategi pencegahan korupsi di depan wakil rakyat yang baru dilantik sebagai anggota DPRD Kota Blitar.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com